PANTAI PARANG TRITIS & MITOS


Pantai Parang Tritis adalah salah satu pantai yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepatnya dikawasan jogja selatan (Bantul) atau sekitar 27 km dari pusat kota. kalau dari kota, cari arah selatan atau bisa lewat jalan parang tritis. pantai ini memiliki tanah yang landai dengan bukit berbatu yang menghiasi kawasan wisata tersebut. Harga tiket masuk hanya 7 ribu untuk 2 orang.

Selain keindahan alam yang mempesona, wisatawan juga dapat berkeliling sepanjang pantai menggunakan bendi atau kuda seperti gambar diatas. Dengan menggunakan bendi, wisatawan dapet secara melihat secara jeli pemandangan dan bukit-bukit indah dikawasan tersebut. Paling cocok berlibur dipantai ini pada saat sore hari, karena bisa melihat sunset yang begitu indah.

Selain keindahan pantai, parang tritis juga terkenal akan mitosnya, yaitu mitos tentang adanya kanjeng ratu kidul atau sering disebut dengan nyi roro kidul. Menurut mitos bagi siapa yang tidak mengindahkan kaidah alam akan dilenyapkan oleh kanjeng ratu. Banyak kejadian para wisatawan yang tidak sopan hilang tertelan ombak, hal itu semakin mengutkan adanya mitos tersebut. Pada setiap malam jumat dan selasa kliwon para juru kunci pantai selalu melakukan ritual pelarungan sesajen (membuang sesaji kelaut). Di Parang tritis sendiri ada kamar kusus yang digunakan untuk ritual dan tidak bole dimasukki selain orang yang berkepentingan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Popular Posts

Popular Posts this month

Popular Posts this week